Home / Berita / Kuliah

Selasa, 17 Agustus 2021 - 12:17 WIB

5 Universitas Terbaik di Indonesia 2020

Universitas terbaik di Indonesia berdasarkan klasterisasi Ditjen Dikti merupakan suatu upaya pemerintah dalam pemetaan kinerja perguruan tinggi untuk mendorong peningkatan kualitas perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Terdapat empat aspek penilaian, yaitu mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome).

Nah berikut daftar 5 universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2020:

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Airlangga
  5. Institut Teknologi Bandung

Indikator Input memiliki nilai porsi 20%: (20 persen) yang meliputi penilaian persentasi jumlah dosen S3, lektor dan guru besar, rasio dosen dan mahasiswa, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah dosen sebagai praktisi industri.

Baca juga:  Kelemaham taksonomi Bloom

Indikator Proses memiliki porsi 25% yang meliputi penilaian akreditasi universitas dan program studi, kerja sama perguruan tinggi, pembelajaran daring, pelaksanaan Kampus Merdeka, dan kelengkapan laporan.

Indikator Output mencakup 25% penilaian yang merujuka pada jumlah artikel ilmiah, kinerja penelitian dan mahasiswa, serta jumlah prodi bersertifikasi internasional.

Terkahir, Indikator Outcome mencakup 30% penilaian yang berkaitan dengan kinerja inovasi, jumlah lulusan yang memperoleh kerja dalam waktu 6 bulan, jumlah nilai sitasi per dosen, dan kinerja pengabdian masyakat.

Ini hanya sebatas klasterisasi berdasarkan empat aspek di atas. Absennya beberapa perguruan tinggi lain pada papan teratas tidak serta-merta membuat kualitas mereka menjadi buruk.

Baca juga:  Survey: Tidak Ada Hubungan antara Remaja, Teknologi, dan Kesehatan Mental

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pemerintah selalu melakukan upaya dalam mendorong peningkatan kualitas perguruan tinggi. Dengan proses penilaian tahunan ini, pihak terkait bisa merefleksikan hal-hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan kembali.

Masih banyak aspek yang dan juga jenis penilaian berbeda yang sering menjadi acuan, seperti webometric dan QS world university ranking. Perbedaan teknik dan unsur penilaian akan memberikan hasil yang berbeda pula.

Jika kalian berminat untuk masuk ke universitas terbaik, persiapkan diri sejak sekolah menengah. Persaingan untuk ujian masuk tentu sangat ketat mengingat daya tampung yang terbatas.

Share :

Baca Juga

Jasa Penerjemah

Berita

Jasa Penerjemah Bahasa Inggris di Garut
s2 hukum unpad

Kuliah

Informasi S2 Hukum UNPAD
kemampuan abad ke-21

Berita

Apa itu Kemampuan Abad ke-21?
perbedaan jurusan sastra dan pendidikan

Berita

Perbedaan Jurusan Sastra dan Pendidikan Bahasa
perbedaan skripsi dan tesis

Kuliah

Perbedaan Skripsi dan Tesis

Berita

Informasi Dasar Seleksi Penerimaan Anggota TNI/Polri
taksonomi bloom

Berita

Taksonomi Bloom: Pengertian, Tabel, Kelemahan dan Kelebihan
materi twk cpns

Berita

Rangkuman Materi TWK CPNS