Home / Berita

Senin, 11 Juli 2022 - 09:09 WIB

Tempat Wisata Edukatif di Garut

Tempat wisata edukatif di Garut masih belum banyak terjamah. Masyarakat umumnya lebih memilih tempat wisata untuk rekreasi semata seperti pemandian Cipanas Garut, wisata kuliner dan pemandangan di Samarang, wisata kerajinan kulit di Sukaregang, dan lain-lain.

Berikut admin sajikan sebagian tempat wisata edukatif di Garut untuk menambah pengetahuan dan pengalaman anak-anak.

Situ Cangkuang

Situ Cangkuang berlokasi di Leles, sekitar … km dari alun-alun Leles. Banyak orang yang melewatkan hal edukatif dari situs ini. Selain menyediakan fasilitas aktivitas berekreasi di atas air dan juga taman, sebenarnya Situ Cangkuang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Wisatawan bisa menambah pengetahuan sejarah mengenai asal-usul Candi Cangkuang yang berada di tengah pulau. Peninggalan situs sejarah tersebut dianggap unik karena menjadi salah satu dari sedikit candi yang masih terawat di daerah Jawa Barat.

Baca juga:  Guru Les Privat Bahasa Inggris di Garut

Kendati terdapat situs Hindu, tidak jauh dari sana akan ditemukan sebuah kampung yang menganut agama Islam. Bahkan terdapat sebuah museum yang menyimpan catatan serta peninggalan sang pemimpin agama sejak berabad-abad yang lalu.

Masyarakat setempat juga memilliki budaya yang unik pula. Mulai dari jumlah rumah dan beberapa larangan bagi penduduk kampung. Ingin tahu detail dari budaya mereka? coba teman-teman temukan di Situ Cangkuang ya!

Kebun Buah Naga Poernama Bayongbong

Kebun Buah Naga Poernama memang baru di daftar tempat wisata di Garut. Baru dibuka untuk umum pada tahun 2017, kebun ini memiliki lebih dari 3000 tanaman buah naga. Selain sebagai tempat relaksasi, wisatawan bisa mempelajari mengenai jenis dan proses pertumbuhan buah naga.

Baca juga:  Daftar Tempat Bimbel di Garut

Berlokasi 800 meter di atas permukaan laut (mdpl), Kebun Naga Poernama di Kampung Jamban Sari, Desa Bayongbong, Kecamatan Bayongbong, menawarkan petik buah segar di lokasi, fasilitas bale-bale, vila hingga spot selfi yang menawan.

Pemilik kebun bekerja sama dengan tim dari Institu Pertanian Bogor (IPB) dalam mengembangkan tumbuhan buah naga miliknya. Lampu-lampu ditata dengan apik dari satu pohon ke pohon lain untuk menciptakan keindahan yang memesona di malam hari.

Share :

Baca Juga

Berita

Informasi Dasar Seleksi Penerimaan Anggota TNI/Polri
PMB pascasarjana UPI

Berita

Mau Melanjutkan Kuliah ke Pascasarjana UPI? Baca Dulu
remaja dan teknologi

Berita

Survey: Tidak Ada Hubungan antara Remaja, Teknologi, dan Kesehatan Mental
perbedaan jurusan sastra dan pendidikan

Berita

Perbedaan Jurusan Sastra dan Pendidikan Bahasa
guru les privat bahasa inggris di Garut

Bahasa Inggris

Guru Les Privat Bahasa Inggris di Garut
taksonomi bloom

Berita

Kelemaham taksonomi Bloom
efl curriculum

Berita

Selecting Contents of EFL Curriculum
kemampuan abad ke-21

Berita

Apa itu Kemampuan Abad ke-21?