Home / Berita / SosBud

Senin, 13 September 2021 - 07:04 WIB

Sejarah Internet dan Perkembangannya di Indonesia

Sejarah internet berawal dari proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Tujuan utamanya adalah untuk menghubungkan komputer di daerah-daerah vital. Dengan demikian, informasi tidak terpusat dan bisa diakses dari komputer lain.

ARPANET mula-mula menggabungkan empat situs akan tetapi kemudian banyak sekali institusi lain yang ingin terhubung dan pihak militer mulai kewalahan untuk mengaturnya. Oleh karena itu, mereka menyediakan dua projek, MILNET untuk kebutuhan militer dan ARPANET untuk non-militer.

Gabungan MILNET dan ARPANET adalah DARPANET atau sekarang terkenal dengan nama internet.

  1. Definisi internet secara umum
    Internet atau interconnected network adalah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
  2. Definisi internet menurut 5 orang ahli
    a. Menurut Oetomo (2002) internet merupakan singkatan atau kependekan dari international network, yakni suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana dalam jaringan komputer itu sendiri terdapat beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.
    b. Menurut Purbo (dalam Prihatna, 2005) Internet pada dasarnya merupakan sebuah media untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi dan terhubung dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail.
    c. Allan (2005) mendefinisikan internet sebagai sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca serta menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang disebut dengan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Melalui protokol itu lah komputer berinteraksi.
    d. Strauss, El-Ansary, dan juga Frost (2003) mengatakan bahwa Internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain dimana setiap komputer bisa mengakses file dan data yang ada di jaringan tersebut.
    e. Randall & Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mendefinisikan Internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer.
  3. Bagaimana sejarah masuknya internet di dunia?
    Sejarah internet bermula dari lembaga pertahanan Amerika Serikat yang ingin menghubungkan banyak perangkat komputer di daerah-daerah penting. Mengingat sistem telegram pada masa itu hanya bisa menghubungkan dua perangkat, mereka mengembangkan suatu sistem komunikasi yang menghubungkan lebih banyak komputer untuk mengakses informasi yang sama di mana saja, kapan saja.
  4. Bagaimana sejarah masuknya internet di Indonesia?
    Protokol Internet (IP) indonesia pertama kali didaftarkan oleh Universitas Indonesia tahun 1988. Selanjutnya, pada tahun 1992 hingga 1994 beberapa tokoh di bidang telekomunikasi mulai mengembangkan internet Indonesia. Tahun 1994 IndoNet mulai beroperasi untuk menyediakan pelayanan internet komersial. Sejak saat itu, mulai muncul penyedia lainnya dan internet pun berkembang pesat di Indonesia hingga saat ini.
  5. Apakah perbedaan jaringan internet dengan jaringan telepon biasa?
    Jaringan internet memiliki dua fungsi yakni menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk berkomunikasi sekaligus sebagai sumber informasi itu sendiri karena pengguna bisa menyimpan data di jaringan tersebut. Sedangkan jaringan telepon biasa tidak memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi sehinga hanya memiliki fungsi sebagai penghubung dalam berkomunikasi atau berbagi informasi.
  6. Apakah keberadaan internet menguntungkan masyarakat atau merugikan masyarakat? Berikan alasannya!
    Internet sangat menguntungkan masyarakat dalam mengakses dan membagikan informasi dengan cepat dan murah. Contohnya, membantu menyediakan informasi masif untuk belajar dalam berbagai media (suara, gambar, bahkan video). Akan tetapi, kembali kepada sifat pengguna internet sendiri yaitu manusia yang memiliki inisiatif dan kreatifitas, internet sering disalahgunakan sehingga merugikan masyarakat. Contohnya, saat ini internet menjadi media yang sering digunakan dalam penyebaran informasi yang tidak bertanggung jawab seperti HOAX.
Baca juga:  Primary English: Tempat Les Bahasa Inggris di Garut

Share :

Baca Juga

sifat hakikat manusia

SosBud

Sifat Hakikat Manusia
nilai-nilai budaya masa praaksara

SosBud

Hasil Kebudayaan Masa Praaksara Indonesia
kumpulan soal cpns

Berita

Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban Lengkap

Berita

Informasi Dasar Seleksi Penerimaan Anggota TNI/Polri
taksonomi bloom

Berita

Taksonomi Bloom: Pengertian, Tabel, Kelemahan dan Kelebihan
dekorasi meja belajar aesthetic

Berita

Dekorasi Meja Belajar Aesthetic
kemampuan abad ke-21

Berita

Apa itu Kemampuan Abad ke-21?
perbedaan jurusan sastra dan pendidikan

Berita

Apa Saja Persyaratan Pendaftaran CPNS?