Home / Berita / Dinas

Selasa, 13 Juli 2021 - 10:20 WIB

Apa Perbedaan PPPK dan PNS?

PPPK dan PNS merupakan dua status kepegawaian yang ada di lingkungan pemerintahan. Keduanya medapatkan gaji yang berasal dari pemerintah. Akan tetapi, kebanyakan orang lebih akrab dan paham dengan status PNS saja. Nah, bagaimana dengan status PPPK yang sekarang diterapkan bagi semua formasi keguruan?

PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Oleh karena itu, masa kerjanya tidak selama mereka yang berstatus PNS. Setidaknya ada tiga hal yang membedakan PPPK dan PNS, yakni aspek persyaratan pendaftaran, lama kerja, dan aspek penggajian.

Persyaratan pendaftaran

PPPK diperuntukan bagi mereka yang telah memiliki pengalaman bekerja (minimal 3 tahun untuk tenaga kesehatan) di bidang formasi yang diinginkan. Batas usia pendaftar pun lebih leluasa, yakni minimal 20 tahun dan maksimal satu tahun sebelum masa usia pensiun. Ada juga persyaratan PPPK khusus formasi keguruan, yakni pelamar termasuk ke dalam THK-II, guru non-asn atau swasta yang terdaftar di dapodik, dan lulusan PPG.

Baca juga:  5 Universitas Terbaik di Indonesia 2020

Berbeda dengan persyaratan pendaftaran PNS yang tidak memerlukan pengalaman kerja. Akan tetapi, usia pendaftaran terbatas hingga maksimal usia 35 tahun.

Lama kerja

Lama kerja PPPK tertuang dalam PermenPAN-RB Nomor 70 Tahun 2020 yang menyatakan bahwa PPPK memiliki kontrak kerja paling sedikit 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun. Setelah masa kontrak berakhir, kontrak kerja bisa saja berlanjut atau tidak.

Baca juga:  Pengalaman Tes Seleksi TNI AD Bintara

Sedangkan bagi PNS, masa kerja lebih lama, yakni hingga menjelang masa pensiun. Ada pun peraturan khusus yakni, pegawai tidak boleh pindah kerja dalam kurun waktu 5-10 tahun. Pelanggaran terhadap peraturan ini tentu menimbulkan sanksi dan konsekuensi tersendiri.

Aspek penggajian

Dalam hal gaji pokok dan tunjangan, baik PPPK dan PNS memiliki aturan yang sama, sesuai dengan golongan masing-masing. Perbedaannya, PPPK tidak mendapatkan gaji ketiga belas dan tunjangan pensiun.

Dengan kata lain, hanya orang yang sudah berpengalaman yang bisa menjadi PPPK. Masa kerjanya fleksibel bagi pegawai muda. Mengharuskan pegawainya untuk disiplin dalam hal finansial di hari tua.

Share :

Baca Juga

kumpulan soal cpns

Berita

Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban Lengkap
tempat wisata edukatif

Berita

Tempat Wisata Edukatif di Garut
taksonomi bloom

Berita

Kelemaham taksonomi Bloom
sejarah internet

Berita

Sejarah Internet dan Perkembangannya di Indonesia
sekolah kedinasan

Dinas

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia
efl curriculum

Berita

Selecting Contents of EFL Curriculum

Berita

Informasi Dasar Seleksi Penerimaan Anggota TNI/Polri
sejarah halloween

Berita

Sejarah Halloween: Asal Mula, Makna, dan Tradisi