Home / Berita / Kuliah

Sabtu, 2 Januari 2021 - 01:43 WIB

Mau Melanjutkan Kuliah ke Pascasarjana UPI? Baca Dulu

Melanjutkan kuliah ke jenjang pascasarjana UPI bukan lah hal yang sederhana. Perlu persiapan matang dari segi finansial dan mental. Semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin tinggi pula rintangannya. Namun, tentu saja ilmu serta peluang berkarir lebih tinggi juga.

Siapkan finansial

Ini perlu dipersiapkan mengingat biaya kuliah pascasarjana tidaklah sedikit. Untuk jenjang magister UPI, biaya pendidikan diketahui sekitar 8jutaan. Sedangkan untuk jenjang Doktor sekitar 11jutaan.

Calon mahasiswa tentu diperkenankan untuk mengajukan beasiswa dari luar kampus. Beasiswa sendiri bermacam-macam. Ada yang mensyaratkan harus diterima dulu di kampus yang diinginkan ada pula yang tidak.

Kuliah sambil kerja bisa saja dilakukan, asal tidak mengganggu performa berkuliah. Jika langkah ini yang akan diambil, maka perlu dipertimbangkan pula antara pembagian waktu kerja dengan jadwal kuliah.

Waktu pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru pascasarjana UPI dibuka sekitar dua-tiga gelombang tergantung kebijakan pihak kampus. Biasanya pendaftaran ada di awal tahun (Maret-April), pertengahan (Juni) dan akhir tahun (Oktober-November).

Alur pendaftaran

Tidak perlu khawatir apabila tinggal di daerah yang jauh dengan kampus. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui website pmb (penerimaan mahasiswa baru) UPI. Ambil nomor bayar. Kemudian, serahkan nomor tersebut pada teller bank yang telah ditetapkan beserta uang pendaftarannya.

Baca juga:  Rangkuman Materi TWK CPNS

Pihak bank akan memberikan username dan password untuk login ke website PMB. Sedikit tips, gunakan komputer ketika login. Penggunaan telepon genggam mengakibatkan form login tidak muncul.

Setelah berhasil login, silahkan isi data diri dan upload persyaratan yang diminta. Ada persyaratan yang wajib dan ada pula yang opsional. Fokus terlebih dahulu pada persyaratan wajib seperti ijazah dan transkrip.

Jika data sudah benar dan dokumen persyaratan sudah diupload, segera verifikasi dan validasi untuk mendapatkan kartu ujian.

Persyaratan TOEFL

Untuk jurusan Bahasa Inggris persyaratan TOEFL harus mencapai skor 550, sedangkan jurusan lain cukup pada skor 500 saja.

Menurut informasi beberapa tahun ke belakang, persyaratan TOEFL ini tidak wajib saat pendaftaran. Bisa dipenuhi ketika nanti hendak mengajukan proposal penelitian.

Rencana penelitian

Tidak seperti tingkat doktor yang diwajibkan membuat rencana penelitian, pendaftar magister tidak diwajibkan. Akan tetapi, sangat direkomendasikan untuk merencanakan topik yang akan dijadikan tugas akhir nanti.

Infromasi terbaru saat proses seleksi daring, pada tes wawancara S2 selain terdapat tanya jawab ada pula bagian penugasan membuat rencana penelitian. Penguji memberikan waktu sekitar 50 menit kepada peserta untuk mengirimkan tulisannya.

Tes seleksi

Tes seleksi masuk pascasarjana UPI terdiri dari tes Bahasa Inggris (reading), tes potensi akademik (TPA), dan wawancara. Untuk jadwal dan tempat dituliskan pada kartu peserta atau pengumuman di website.

Baca juga:  Dekorasi Meja Belajar Aesthetic

Tes Bahasa Inggris mencakup keterampilan membaca teks ilmiah. Tes potensi akademik merupakan tes standar seperti tes intelegensi yang terdiri dari 120 soal. Terakhir, wawancara hanya dilakukan pada jurursan tertentu.

Wawancara jurusan kebahasaan biasanya biasanya menggunakan bahasa yang dipelajari masing-masing. Terdapat dua pewawancara yang merupakan dosen pengajar. Cakupan pertanyaan meliputi latar belakang pribadi, ketertarikan penelitian, latar belakang akademik.

Khusus tingkat doktor, semua jurusan akan melalui wawancara berkaitan dengan rencana penelitian yang akan dilakukan nanti.

Selama pandemik covid-19, tes seleksi dilakukan secara daring. Teknis pelaksaan diberitahukan oleh panitia lewat website PMB.

Daftar ulang

Setelah melewati tahap seleksi dan dinyatakan lulus, pihak kampus akan menerbitkan LoA (Letter of Acceptance). Di dalam LoA sendiri, terdapat arahan untuk kepentingan daftar ulang seperti biaya yang harus dibayarkan, tempat dan periode pembayaran.

Selain itu, terdapat tanggal-tanggal penting untuk mengikuti kegiatan pra-perkuliahan, yaitu kegiatan untuk mengenal sistem dan peraturan perkuliahan untuk tahun ajaran yang akan ditempuh.

Semoga informasi di atas bisa membantu kamu untuk bersiap melanjutkan kuliah ke jenjang pascasarjana.

Share :

Baca Juga

tempat les bahasa Inggris di Garut

Berita

Daftar Tempat Les Bahasa Inggris di Garut
PMB pascasarjana UPI

Kuliah

Informasi PMB Pascasarjana UPI
taksonomi bloom

Berita

Taksonomi Bloom: Pengertian, Tabel, Kelemahan dan Kelebihan
tempat bimbel di Garut

Berita

Daftar Tempat Bimbel di Garut
Institut pendidikan Indonesia

Kuliah

Institut Pendidikan Indonesia (IPI) – Garut
perbedaan jurusan sastra dan pendidikan

Berita

Perbedaan Jurusan Sastra dan Pendidikan Bahasa
akper bidara mukti garut

Kuliah

Akper Bidara Mukti Garut: Keunggulan
primary english garut

Berita

Primary English: Tempat Les Bahasa Inggris di Garut