Home / Kuliah

Jumat, 19 Maret 2021 - 13:28 WIB

Informasi S2 Hukum UNPAD

source: canva.com

source: canva.com

S2 Hukum UNPAD merupakan salah satu merupakan salah satu fakultas hukum terbaik di Indonesia dan telah menghasilkan banyak lulusan yang terkenal. Lulusan hukum UNPAD yang terkenal di antaranya Bagir Manan (ketuan MA 2001-2008), Ruhut Sitompul (politisi/anggota DPR), Arief Suditomo (presenter/anggota DPR), dan Donna Agnesia (presenter/artis). [1] Oleh karena itu, mengulik informasi mengenai proses seleksi di fakultas ini sangat menarik.

Beberapa waktu yang lalu, admin mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai salah seorang mahasiswa S2 hukum UNPAD, yaitu Aulia Hamidah Fauzia. Kak Aul adalah lulusan terbaik fakultas hukum Universitas Islam Riau 2017 dan sekarang sedang menempuh tahun terakhir pendidikan S2 hukum UNPAD.

Berikut beberapa informasi dan tips penting yang admin dapatkan dari narasumber kita, Kak Aulia Hamidah Fauzia.

Persyaratan Seleksi S2 Hukum UNPAD

Persayaratan seleksi bisa ditemukan dengan mudah dan lengkap melalui stirus smup.unpad.ac.id/pendaftaran-s2. Di situs tersebut para pelamar bisa mengambil ID pelamar untuk proses pembayaran pendaftaran di bank senilai Rp600.000,-. Untuk proses seleksi, pelamar harus melampirkan hasil tes TPA dan bahasa Inggris, ijazah dan transkrip nilai S1, dan resume bab1 proposal penelitian untuk tesis nanti.

Tes TPA dan bahasa Inggris dilakukan mandiri oleh pelamar, tidak diorganisir oleh pihak kampus. Maksudnya, pelamar membuat jadwal tes dengan lembaga-lembaga yang telah ditentukan pihak kampus. Kemudian, biaya tes pun ditanggung oleh peserta diluar uang pendaftaran.

Tes Potensi Akademik (TPA)

Pelamar bisa mendapatkan hasil TPA dari Pusat Psikologi UNPAD atau Bappenas. Biaya tes di Pusat Psikologi UNPAD sekitar 180ribuan sedangkan Bappenas sekitar 300ribuan.

Kak Aul saat itu mengambil TPA di UNPAD. Peserta harus menjawab 200 soal dengan durasi waktu terbatas. Inti dari tes ini adalah mengukur kecerdikan, ketelitian dan kematangan berfikir.

Baca juga:  Akper Bidara Mukti Garut: Keunggulan

Untuk memenuhi persyaratan seleksi, pelamar harus mendapatkan nilai 50% dari skor maksimal. Jika skor maksimal TPA adalah 800, maka skor minimal yang perlu kita dapatkan adalah 400.

Tes Bahasa Inggris

Tes bahasa Inggris mengacu kepada TOEFL. Pelamar S2 hukum UNPAD wajib memiliki sertifikat TOEFL ITP atau sertifikat tes kebahasaan dari Balai Bahasa UNPAD (setara) dengan skor minimal 450.

Biaya TOEFL ITP sekitar Rp700.000,- sedangkan tes kebahasaan di Balai Bahasa UNPAD sekitar Rp150.000,-. Pelamar bisa memilih tempat tes sendiri sesuai dengan keadaan masing-masing.

Ijazah dan Transkrip Nilai

Persyaratan ijazah dan transkrip sangat penting. Apabila pelamar belum memiliki ijazah boleh melampirkan surat keterangan lulus dari kampusnya. Selanjutnya, dokumen discan dan diupload ke situs smup.

Surat Rekomendasi

Pelamar perlu juga melampirkan surat rekomendasi dari dua dosen di perguruan tinggi sebelumnya. Untuk pelamar yang sudah bekerja bisa meminta surat rekomendasi dari atasan. Usahakan meminta surat dari dosen bergelar S3 atau professor- itu lebih baik. Semakin tinggi jabatan dan pengaruhnya, semaking diperhitungkan surat rekomendasinya.

Resume Bab 1 Proposal Penelitian

Pada tahap seleksi berkas, pelamar wajib mengunggah proposal penelitian dengan panjang sekitar 350-500 kata. Mirip seperti abstrak yang berisi tentang judul, latar belakang, tujuan/masalah, metode, instrumen dan signifikansi penelitian.

Apabila pelamar lolos ke tahap wawancara, mereka akan meminta proposal penelitian versi lengkap. Dengan demikian, pelamar S2 hukum UNPAD harus benar-benar menyiapkan dan merencanakan kegiatan akademiknya secara matang.

Proses Seleksi S2 Hukum UNPAD

Proses seleksi hanya terdiri dari dua tahap saja, yaitu tahap seleksi berkas dan wawancara. Seleksi berkas melibatkan dokumen-dokumen yang dibahas di atas. Panitia akan menyeleksi sekitar 100 berkas terbaik. Penentuan kuota pelamar yang diterima merupakan hak kampus.

Setelah mendapatakan hasil seleksi berkas, mereka akan memberikan pengumuman jadwal seleksi tahap dua, yaitu wawancara. Pelamar wajib membawa proposal penelitan pada tahap ini.

Baca juga:  Mau Melanjutkan Kuliah ke Pascasarjana UPI? Baca Dulu

Apa yang ditanyakan? Pelamar mungkin saja akan diminta memaparkan proposal penelitian, latar belakang akademik, sumber pembiayaan kuliah, motivasi, pencapaian dan lainnya. Inti dari wawancara adalah untuk melihat kesiapan pelamar dalam menyelesaikan studi nanti.

Proses wawancara biasanya menyaring 50% dari total peserta. Selanjutnya, pelamar yang lolos memilih kembali bidang hukum yang diinginkan seperti hukum bisnis, pidana, perdata, tata negara atau hukum internasional.

Pengalaman Berkuliah S2 Hukum UNPAD

Memperluas relasi

Dengan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, kita berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang hebat. Teman satu kelas memiliki latar belakang berbeda-beda dengan fokus studi berbeda pula atau lintas bidang. Bahkan, ada pula mahasiswa asal luar negeri seperti Thailand, Kamboja dan Madagaskar. Maka, banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang dapat dibagikan.

Melatih Cara Berfikir dan Bersikap

Budaya belajar di jurusan hukum menuntut mahasiswa untuk berinisiatif dan aktif dalam mendapatkan materi pelajaran dan dalam kegiatan diskusi. Bukan untuk dihafalkan saja atau sekedar mendapatkan nilai, tetapi juga untuk dipahami karena sifat materi dan soal ujian berkaitan dengan penyelesaian masalah bukan teoritis.

Bersifat aktif tanpa pemikiran dan analisa matang harus dihindari. Mahasiswa didorong untuk berfikir out of the box dalam memaparkan jawaban secara matang. Dengan demikian, proses belajar sangat bertumpu pada kemampuan analisis.

Dana Kuliah S2 Hukum UNPAD

Setiap tahun kebijakan kampus dalam menentukan pembiayaan proses belajar mungkin berubah-ubah. Ketika narasumber mulai berkuliah SPP per semester mencapai 15 juta dan bersifat flat, tidak berubah hingga mahasiswa tersebut lulus. Sementara itu, angkatan sebelumnya hanya membayar 8,5 juta saja untuk SPP. Maka, pelamar harus mencari tahu informasi pembiayaan lewat situs UNPAD.

Tips

  1. Persiapkan pendanaan terlebih dahulu meliputi biaya pendaftaran, tes, dan kuliah.
  2. Surat rekomendasi, utamakan dari dua dosen berpengaruh di perguruan tinggi sebelumnya.
  3. Wawancara adalah tahap yang sangat menentukan. Berikan jawaban yang baik dan tegas serta menjaga etika.
  4. Ikut klub untuk kolaborasi penelitian.

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Fakultas_Hukum_Universitas_Padjadjaran

Share :

Baca Juga

tes seleksi tni

Dinas

Pengalaman Tes Seleksi TNI AD Bintara
Materi soal tes bahasa inggris polri

Dinas

Materi Soal Tes Bahasa Inggris Polri
perbedaan jurusan sastra dan pendidikan

Berita

Perbedaan Jurusan Sastra dan Pendidikan Bahasa
perbedaan skripsi dan tesis

Kuliah

Perbedaan Skripsi dan Tesis
akper bidara mukti garut

Kuliah

Akper Bidara Mukti Garut: Keunggulan
materi twk cpns

Berita

Rangkuman Materi TWK CPNS
Institut pendidikan Indonesia

Kuliah

Institut Pendidikan Indonesia (IPI) – Garut
universitas garut

Kuliah

Universitas Garut (UNIGA): Jurusan dan Prodi