Home / Berita / Dinas

Sabtu, 2 Januari 2021 - 01:36 WIB

Informasi Dasar Seleksi Penerimaan Anggota TNI/Polri

Menjadi anggota TNI/Polri merupakan suatu kebanggaan bagi setiap orang yang mendambakannya. Hanya orang-orang terpilih yang dapat menjadi bagian kedua kesatuan tersebut. Selain kualitas fisik dan mental yang maksimal, seleksi penerimaan anggota TNI/Polri diketahui memiliki berbagai macam syarat lain yang tentunya harus dipersiapkan oleh para peserta.

TNI dan Polri selalu memberikan kesempatan untuk menjadi terhadap putra-putri bangsa untuk menjadi bagian kesatuannya setiap tahun. Agar lebih matang dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan anggota TNI/Polri, sebaiknya peserta mengetahui dan memahami alur dari instansi terkait.

Jalur pendaftaran

Terdapat tiga golongan keanggotaan dari TNI dan Polri, yaitu tamtama, bintara dan perwira atau yang lebih dikenal dengan akademi TNI/Polri. Khusus untuk perwira, mereka akan mengikuti pendidikan selama 4 tahun setelah seleksi penentuan akhir (pantukhir).

Ada pula yang mendaftarkan diri lewat jalur lain, yaitu PAPKA untuk TNI dan juga SIPSS untuk Polri. Tidak seperti jalur-jalur di atas yang dikhususkan bagi lulusan SMA/sederajat, PaPKA dan SIPSS dikhususkan bagi lulusan perguruan tinggi (D3/S1). Setelah dinyatakan lulus mereka akan mengikuti pendidikan selama sekitar 7 bulan.

Tidak semua jurusan bisa diterima lewat jalur PaPKA dan SIPSS. Setiap tahun TNI dan Polri membutuhkan lulusan dengan jurusan yang berbeda.

Baca juga:  Daftar Tempat Bimbel di Garut

Kapan pendaftaran dibuka?

TNI membuka dua kali gelombang pendaftaran setiap tahun untuk masing-masing matra, yaitu angkatan darat (AD), angkatan laut (AL), dan angkatan udara (AU). Sedangkan Polri hanya membuka satu kali pendaftaran saja yang dilakukan serentak untuk semua golongan anggota.

Untuk TNI tiap golongan memiliki memiliki waktu pendaftaran berbeda-beda. Misalkan, pendaftaran Catam (calon tamtama) gelombang 1 diadakan pada bulan Maret-April dan gelombang 2 nya di bulan yang lain. Begitu juga dengan bintara dan perwira serta waktu pendaftaran untuk AD, AU dan AL tidak serentak.

Dengan kata lain, pendaftaran TNI dibuka sepanjang tahun dengan alokasi golongan anggota dan matra berbeda-beda.

Alur Pendaftaran

Pertama adalah pendaftaran online. Menjelang waktu pendaftaran TNI dan Polri akan memberikan informasi pendaftaran melalui akun media sosial resmi masing-masing. Kemudian calon peserta diharuskan mendaftar online terlebih dahulu melalui website resmi TNI/Polri.

Kedua, validasi berkas. Calon peserta diminta untuk melakukan validasi berkas persyaratan yang tertulis di papan informasi website, dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk mengelola berkas dan data-data akurat dari calon peserta.

Jika proses validasi telah berhasil, calon peserta akan diberikan nomor animo/nomor peserta dan diyatakan resmi sebagai seorang peserta yang sering disebut dengan calon siswa (casis).

Baca juga:  Dekorasi Meja Belajar Aesthetic

Ketiga, arahan tes. Pada waktu yang telah ditentukan peserta akan diberikan pengarahan jadwal tes, yang meliputi: tes kesehatan tahap 1 dan 2, pemeriksaan psikologi, kesamaptaan jasmani, kesehatan jiwa, dan wawancara.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  1. Peserta harus mengetahui Batasan usia untuk pendaftaran di golongan yang diinginkan.
  2. Untuk SMK, terdapat pembatasan jurusan yang diperbolehkan mendaftar.
  3. TNI juga memperbolehkan peserta lulusan SMP untuk mengikuti seleksi penerimaan tamtama.
  4. Peserta harus memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang prima disertai tinggi dan berat badan yang sesuai dengan kriteria.

Tips untuk persiapan tes TNI/Polri

  1. Berlatih fisik, tes psikologi ataupun akademik jauh-jauh hari sebelum pembukaan pendaftaran. Hal tersebut bisa dilakukan mandiri ataupun mengikuti les tambahan.
  2. Khusus untuk fisik yang membutuhkan proses yang lama, harus disiapkan sedini mungkin karena sebagian besar casis berguguran di tes kesehatan tahap 1 terkait tinggi badan.
  3. Selain berlatih fisik, perhatikan pula kesamaptaan jasmani yaitu kegiatan atau kesanggupan seseorang untuk melaksanakan tugas atau kegiatan fisik secara lebih baik dan efisien.
  4. Simpan sertifikat atau penghargaan yang pernah diraih untuk menambah poin saat seleksi.
  5. Selalu libatkan Tuhan dan percaya dengan kemampuan diri sendiri. Hindari rasa takut dan ragu.

Itulah serangkaian informasi terkait seleksi penerimaan anggota TNI/Polri. Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi gambaran untuk teman-teman yang ingin mendaftar.

Good luck!

Share :

Baca Juga

efl curriculum

Berita

Selecting Contents of EFL Curriculum
primary english garut

Berita

Primary English: Tempat Les Bahasa Inggris di Garut
perbedaan jurusan sastra dan pendidikan

Berita

Apa Saja Persyaratan Pendaftaran CPNS?
tes seleksi tni

Dinas

Pengalaman Tes Seleksi TNI AD Bintara
kumpulan soal cpns

Berita

Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban Lengkap
pppk dan pns

Berita

Apa Perbedaan PPPK dan PNS?
sekolah kedinasan

Dinas

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia
dekorasi meja belajar aesthetic

Berita

Dekorasi Meja Belajar Aesthetic