Home / Dinas

Sabtu, 27 Maret 2021 - 07:08 WIB

Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia

Sekolah kedinasan merupakan tempat pendidikan yang berada di bawah naungan kementerian Republik Indonesia. Berbeda dengan perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS), para lulusannya memiliki kesempatan tinggi untuk bekerja kepada pemerintah dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Karena dipersiapkan sebagai PNS, maka persyaratan masuk ke sekolah kedinasan tidak lah mudah. Selain persaingan ketat, beberapa sekolah dan jurusannya memberikan persyaratan khusus seperti hal yang berkaitan dengan penampilan fisik untuk mencapai kesamaptaan jasmani. Jika ingin langsung bekerja sebagai PNS, berikut daftar sekolah kedinasan di Indonesia.

Daftar sekolah kedinasan di Indonesia

  1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). IPDN berlokasi di Jatinangor, kabupaten Sumedang, berdekatan dengan UNPAD dan ITB kampus Jatinangor. Seleksi penerimaan calon praja (SPCP) IPDN bisa diakses melalui alamat https://spcp.ipdn.ac.id/. Seleksi meliputi: Seleksi kemampuan dasar (SKD), tes kesehatan tahap 1, psikotes, tes kesehatan tahap 2. Beberapa program studi di IPDN di antaranya: Ilmu politik, ilmu administrasi, ilmu pemerintahan, dan program pascasarjana ilmu pemerintahan.
  2. Politeknik Siber dan Sandi Negara (PoltekSSN), di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Informasi pendaftaran PoltekSSN melalui https://poltekssn.ac.id/pendaftaran/. Program studi di PoltekSSN adalah rekayasa keamanan siber, rekayasa kriptografi, dan rekayasa perangkat keras kriptografi.
  3. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM), dinaungi Kementerian Hukum dan HAM, berlokasi di Depok, Jawa Barat. Poltekim menyediakan jurusan sebagai berikut: Hukum keimigrasian, administrasi keimigrasian, manajemen teknologi keimigrasian, keimigrasian (D3).
  4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN), berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Program studi STIN berkaitan dengan keintelijenan seperti jurusan agen dengan prospek kerja sebagai investigator, detektif, intel dan analisis intelijensi di kepolisian atau militer. Adapula jurusan intelijen yang mungkin bekerja di sektor pemerintahan lain sebagai intel.
  5. Politeknik Statistika (STIS), yang dinaungi Badan Pusat Statistik (BPS), berlokasi di Jatinegara, Jakarta Timur. STIS menyediakan prodi statistika (D3 dan D4) dan komputasi statistika.
  6. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), berlokasi di Kota Tangerang Selatan, Banten. Menyediakan prodi jenjang D4: Meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi.
Baca juga:  Perbedaan Jurusan Sastra dan Pendidikan Bahasa

Sekolah Kedinasan Kemenhub

Transportasi darat

  1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Memiliki tiga jurusan: Transportasi darat, manajemen transportasi jalan (D3), dan manajemen transportasi perkeretaapian (D3)
  2. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) berokasi di Tegal, Jawa Tengah. Menyediakan tiga jurusan: rekayasa sistem transportasi jalan, teknologi rekayasa otomotif, dan teknologi otomotif (D3).
  3. Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Poltrans SDP) berada di Palembang. Memiliki tiga program studi: studi nautika (D3), tekonologi nautika (D3), dan manajemen transportasi perairan darat (D3).
  4. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) di Madiun, menyediakan program studi jenjang D3: Teknologi Bangunan dan Jalur Perkretaapian (TBJP), Teknologi Elektro Perkretaapian (TEP), Manajemen Transportasi Perkretaapian (MTP), dan Teknologi Mekanika Perkretaapian (TMP).
  5. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) di Bali menyediakan program studi jenjang D3 untuk manajemen transportasi jalan, tekonologi mekanika otomotif, dan manajemen logistik.
Baca juga:  Rangkuman Materi TWK CPNS

Transportasi laut

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), DKI Jakarta. Memiliki banyak program studi mulai dari diploma hingga strata-2 atau S2.
  2. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang membuka program studi jenjang D4 nautika, TALK, dan teknika.
  3. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar membuka diklat pelaut hingga diploma IV pelayaran.
  4. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati
  5. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatra Barat
  6. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten
  7. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya
  8. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong.

Transportasi udara

  1. Politeknik Penerbangan Indonesia atau PPI
  2. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya
  3. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar
  4. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan
  5. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang
  6. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura

Share :

Baca Juga

tes seleksi tni

Dinas

Pengalaman Tes Seleksi TNI AD Bintara
materi twk cpns

Berita

Rangkuman Materi TWK CPNS

Berita

Informasi Dasar Seleksi Penerimaan Anggota TNI/Polri
kumpulan soal cpns

Berita

Kumpulan Soal CPNS beserta Jawaban Lengkap
pppk dan pns

Berita

Apa Perbedaan PPPK dan PNS?
Materi soal tes bahasa inggris polri

Dinas

Materi Soal Tes Bahasa Inggris Polri