Home / Bahasa / Bahasa Indonesia

Rabu, 7 April 2021 - 08:24 WIB

Contoh Teks Naratif untuk SD Kelas 6

Teks naratif merupakan suatu teks yang menceritakan kejadian atau kisah di masa lalu dari sudut pandang orang ketiga. Maksudnya, yang bercerita adalah orang lain bukan si tokohnya. Umumnya teks naratif berupa teks cerita atau dongeng seperti mitos dan legenda.

Struktur teks naratif

Orientasi

Paragraf orientasi merupakan paragraf pertama sebagai pembuka cerita dalam teks naratif. Pada paragraf ini menyajikan informasi untuk menjawab siapa (who), kapan (when), dan di mana (where). Apabila teman-teman ingin membuat cerita maka mulailah dari tiga unsur tersebut.

  1. Kapan cerita ini terjadi?
  2. Siapa tokoh utama dalam cerita?
  3. Di mana cerita itu berlangsung?

Komplikasi/konflik

Komplikasi merupakan awal-mula masalah/konflik sebagai awal alur cerita hingga berlanjut pada puncak cerita nanti. Biasanya, komplikasi dimulai dari paragraf kedua hingga paragraf kedua terakhir.

Resolusi/akhir masalah

Paragraf resolusi merupakan paragraf yang menampilkan bagaimana masalah akhirnya berakhir. Dari paragraf ini pembaca sudah mulai bisa menentukan apakah cerita berakhir bahagia (happy ending) atau sedih (sad ending). Umumnya, resolusi berada di paragraf akhir.

Baca juga:  Struktur dan Contoh Warta Bahasa Sunda

Reorientasi teks naratif

Reorientasi adalah kalimat penutup yang menampilkan keadaan tokoh di akhir cerita. Bisa juga berupa nasehat atau pesan moral dari cerita. Karena bagian ini tidak wajib ada, maka tidak semua teks naratif memiliki reorientasi. Terkadang, pembaca diminta untuk menentukan reorientasi sendiri. Karena berupa kalimat penutup, maka cukup lihat kalimat terakhir di paragraf terakhir untuk menentukan reorientasi.

Contoh teks naratif untuk kelas 6

Danau Toba

Zaman dahulu kala, hidup seorang laki-laki bernama Toba. Suatu hari, dia menangkap seekor ikan dan membawanya pulang ke rumah untuk dimakan. Dia menaruh ikan itu di dapur. Kemudian dia pergi keluar untuk mencari kayu bakar. Setelah dia pulang, dia terkejut.

Ikannya berubah menjadi seorang wanita cantik. Toba jatuh cinta pada wanita itu, kemudian meminangnya. Si Wanita menerima lamaran tersebut dengan satu syarat. Toba tidak boleh menceritakan kepada siapapun bahwa Si Wanita adalah jelmaan ikan. Toba berjanji. Mereka pun menikah dan dikaruniai seorang anak bernama Samosir.

Baca juga:  Having atau Drinking? Mana yang Benar

Suatu hari, Toba sangat marah pada Samosir di ladang. “Kenapa kamu memakan makan siangku? Dasar kau anak ikan!” kata Toba. Samosir menangis dan berlari pulang ke rumahnya. Dia menceritakan kejadian itu pada ibunya. Si Ibu sangat sedih karena Toba mengingkari janjinya. Kemudian, dia menyuruh Samosir untuk pergi ke bukit karena bencana besar akan datang.

Tiba-tiba, banjir datang, mengubah desa menjadi sebuah danau. Ibu Samosir meloncat ke dalam air dan berubah menjadi ikan. Samosir selamat karena berada di atas bukit. Akan tetapi, ayahnya tenggelam ke dasar danau. Setelah kejadian itu, orang-orang setempat menyebut tempat itu sebagai Danau Toba dan mereka menamai pulau kecil di tengah danau sebagai Pulau Samosir.

Share :

Baca Juga

kata benda dalam bahasa inggris

Bahasa

Kata Benda dalam Bahasa Inggris: Jenis dan Arti
warta bahasa sunda

Bahasa

Struktur dan Contoh Warta Bahasa Sunda
jenis pronoun dalam bahasa inggris

Bahasa

Pronoun dalam Bahasa Inggris: Jenis dan soal latihan
soal bahasa inggris stan

Bahasa

Soal Bahasa Inggris STAN dan Pembahasan
having atau drinking

Bahasa

Having atau Drinking? Mana yang Benar
if conditional sentences

Bahasa

If Conditional Sentences: Tipe 0, 1, 2, dan 3
imbuhan me-

Bahasa Indonesia

Imbuhan Me – : Bentuk Umum
belajar bahasa inggris

Bahasa

Linking Verb: Pengertian dan Latihan Soal