Home / Beasiswa

Senin, 22 Maret 2021 - 13:29 WIB

Beasiswa Luar Negeri Pascasarjana

source: canva.com

source: canva.com

Beasiswa luar negeri sangat dinanti oleh banyak orang karena belajar di luar negeri memberikan banyak pengalaman baru bagi para pelajar. Selain bertemu pelajar lintas negara, hidup di lingkungan dan budaya baru menjadi pengalaman yang luar biasa selain pengalaman proses belajarnya.Tak heran, belajar di luar negeri pun penuh dengan tantangan.

Tantangan utama bagi kebanyakan orang adalah biaya kuliah dan hidup yang tinggi. Perbedaan mata uang membuat berkuliah di luar negeri memerlukan biaya yang lebih besar daripada berkuliah di dalam negeri. Oleh karena itu, beasiswa luar negeri sangat penting untuk meringankan masalah finansial.

Tidak ada sanak saudara pun menjadi tantangan lain. Oleh karena itu, pastikan bahwa program beasiswa bisa memberikan uang saku yang mencakup biaya hidup secara lengkap seperti biaya makan dan tempat tinggal serta asuransi kesehatan. Berikut admin sajikan beberapa beasiswa luar negeri dengan uang saku yang besar.

Beasiswa Luar Negeri MEXT

Beasiswa MEXT berasal dari negara Jepang kepada mahasiswa asing yang bersifat full-funded. Mereka akan mendanai seluruh tanggungan biaya kuliah. Selain itu, MEXT juga menutupi biaya pendaftaran, seleksi, visa pelajar dan tiket pulang-pergi. Lebih jauh lagi, MEXT tidak menjalin ikatan dinas sehingga mahasiswa tidak harus memenuhi ikatan ataupun ketentuan apapun setelah lulus kuliah.

Baca juga:  Daftar Tempat Les Bahasa Inggris di Garut

Sebagian universitas memberikan fasilitas asrama, tetapi jika tidak tersedia mereka akan membantu mencarikan tempat tinggal yang dibayarkan dari uang saku (tunjangan hidup). Nominal uang saku beasiswa MEXT kurang lebih ¥143.000/bulan atau IDR18,9 juta/bulan (mahasiswa peneliti), ¥144.000/bulan atau IDR19juta (mahasiswa S2), ¥145.000/bulan IDR19,2juta (mahasiswa S3).

Cek situs kedutaan besar Jepang untuk informasi beasiswa MEXT https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2021.html

Global Korea Scholarship (GKS)

GKS berasal dari Korea Selatan yang juga bersifat full-funded, tetapi SPP kuliah tidak lebih dari 5juta won per semester (kira-kira 63juta/semester). Beasiswa GKS mencangkup kebutuhan sehari-hari dan juga akademik seperti tiket PP, tunjangan riset, relokasi, kursus bahasa Korea, asuransi kesehatan, dan biaya cetak tugas akhir.

Uang saku yang diberikan GKS sekitar 1.000.000 won atau sekitar 131 juta rupiah. Jumlah tersebut sangat cukup jika dibandingkan dengan rata-rata biaya hidup di Korea Selatan, yakni 300.000 won per bulan. GKS memberikan dukungan lengkap bagi para mahasiswa.

Informasi melalui situs berikut https://www.studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/allnew_invite.do

Erasmus

Erasmus adalah beasiswa untuk mahasiswa asing untuk belajar di perguruan tinggi Eropa. Beasiswa ini menutupi biaya kuliah, tiket pulang-pergi, dan asuransi. Untuk uang saku, mereka memberikan nominal uang berbeda-beda sesuai dengan janjang pendidikan.

Untuk jenjang master (S2), mahasiswa mendapatkan uang saku sekitar 1000 EUR. Jenjang S3 mendapatkan 1500 EUR dan Post-doc senilai 1800 EUR. Terakhir, bagi peserta pelatihan kerja akan menerima 2500 EUR.

Baca juga:  Informasi S2 Hukum UNPAD

Beasiswa Luar Negeri LPDP

Selain berkuliah di dalam negeri, pemerintah Indonesia juga memberikan kesempatan bagi warga Indonesia untuk belajar di luar negeri melalui program LPDP dari Kementrian Keuangan. Cakupan pembiayaannya sangat lengkap, meliputi biaya kuiah, tunjangan buku, dana penelitian, dana seminar internasional, dana publikasi jurnal internasional, visa, asuransi, tiket PP, biaya hidup, dana darurat, dan tunjangan keluarga (khusus untuk jenjang S3).

Nominal uang saku bagi penerima beasiswa akan disesuaikan berdasarkan negara tujuan. Pelamar bisa melihat daftar negara-negara tujuan di situs resmi LPDP. Setelah lulus, mahasiswa harus kembali ke Indonesia untuk bekerja selama beberapa tahun sebagai program pengabdian.

Temukan daftar universitas tujuan LPDP melalui halaman ini https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/page/beasiswa-unduhan

Australia Awards Scholarship (AAS)

Beasiswa AAS dari pemerintah Australia mengundang mahasiswa asing untuk belajar di negara kangguru tersebut. Pembiayaan akan meliputi biaya training IELTS yang termasuk dalam program pre-departure training (PDT di Bali), tiket keberangkatan, visa, tunjangan kedatangan, biaya hidup, biaya kuliah, dan asuransi kesehatan.

Penerima beasiswa boleh membawa keluarga setelah delapan minggu kedatangan di Australia. Akan tetapi, tanggungan biaya hidup keluarga menjadi tanggung jawab pribadi. Perkiraan nominal uang saku sekitar 1150 AUD atau sekitar 12 juta rupiah per bulan.

Informasi persyaratan dan ketentuan AAS: https://www.australiaawardsindonesia.org/content/264/12/additional-information-form-2022-intake

Sekian daftar beasiswa luar negeri yang bisa admin sampaikan. Semoga bisa membantu meningkatkan kualitas kegiatan akademik kalian. Selamat berburu beasiswa.

Share :

Baca Juga

beasiswa internasional malaysia

Beasiswa

Beasiswa Internasional Malaysia
beasiswa SejutaCita

Beasiswa

Beasiswa SejutaCita untuk Pelajar SMP hingga S2