Home / Kuliah

Senin, 15 Agustus 2022 - 11:00 WIB

Apa Saja Isi Proposal Penelitian Kualitatif

Proposal penelitian adalah suatu tulisan ilmiah yang berisi rancangan penelitian. Setiap institusi memiliki format proposal berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum semua proposal penelitian memiliki elemen yang hampir sama. Lantas apa saja isi proposal penelitian?

Abstrak Proposal Penelitian

Abstrak merupakan intisari dari sebuah tulisan ilmiah. Karena proposal penelitian adalah sebuah rencana, maka hasil penelitian belum bisa dituliskan. Penulis harus menuliskan secara singkat mengenai:

  1. Mengapa isu/topik/masalah ini perlu diteliti?
  2. Apa tujuan dari penelitian nanti?
  3. Akan menggunakan desain/metode penelitian apa?
  4. Bagaimana cara mengumpulkan datanya?
  5. Apa atau siapa partisipan yang akan dilibatkan?
  6. Akan menggunakan teori apa atau bagaimana cara menganalisis datanya?
  7. Apa implikasi dari hasil penelitian nanti?

Umumnya abstrak hanya sekitar 250 kata saja dengan spasi 1.0, rata kanan-kiri. Setelahnya, penulis menuliskan kata kunci penelitian yang diurutkan berdasarkan abjad A-Z. Beberapa hal yang perlu penulis perhatikan saat menulis abstrak:

  1. Menulis abstrak dalam 1 (satu) paragraf
  2. Tidak bertele-tele
  3. Hindari penyebutan tempat atau identitas partisipan secara spesifik (etika umum penelitian)

Sebagai referensi berikut contoh abstrak proposal penelitian.

Abstract
Degradasi moral di kalangan generasi muda bangsa Indonesia dan urgensi pengajaran kompetensi serta karakter yang kuat dalam rangka menyukseskan masyarakat kompetitif secara global di abad ke-21 menuntut guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas, selaras dengan yang diamanatkan kurikulum 2013. Mengingat peran penting guru dalam mempromosilkan nilai karakter yang baik di dalam ataupun di luar kelas, cara guru mengintegrasikan nilai karakter dalam pengajaran merupakan suatu hal yang perlu ditelaah. Penelitian kualitatif ini akan menginvestigasi bagaimana guru bahasa Inggris di Indonesia mengintegrasikan pendidikan karakter di kelas. Data akan diperoleh melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis RPP yang melibatkan dua orang guru bahasa Inggris di tingkat SMA. Data kemudian diolah dan dikelompokan berdasarkan tema pada pertanyaan penelitian. Hasil penelitian diharapkan memberikan kontribusi terhadap program pendidikan karakter di Indonesia dalam aspek pedagogik.
Keywords: kurikulum 2013, pendidikan karakter, pengajaran bahasa Inggris

diterjemahkan dan dimodifikasi dari abstrak jurnal:
Noprianto, Suherdi, & Muslim. 2022. A subject matter specialist versus students’ moral guardian: EFL teachers’ voices on character education incorporation into classroom instructions. ETERNAL, 8 (1), 53-72. https://doi.org/10.24252/Eternal.V81.2022.A4

BAB I proposal penelitian

Latar belakang

Secara umum poin yang harus ada dalam latar belakang adalah:

  1. Apa topik atau area yang akan diteliti?
  2. Mengapa hal itu diteliti?
  3. Sejauh mana topik ini telah diteliti?
  4. Apa yang membedakan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya?
  5. Tujuan dan manfaat penelitian
Baca juga:  Mau Melanjutkan Kuliah ke Pascasarjana UPI? Baca Dulu

Paragraf terakhir merupakan pernyataan kembali mengenai tujuan penelitian, partisipan yang akan terlibat, kebaruan dan manfaat penelitian.

Panjang latar belakang bervariasi, tapi untuk sebuah proposal lebih baik ditulis secara singkat. Empat paragraf atau dua halaman sudah cukup asalkan poin-poin di atas telah tertulis dengan jelas.

Pertanyaan penelitian

Pertanyaan penelitian merupakan poin dasar dari sebuah penelitian karena penelitian dilakukan untuk menjawab masalah/pertanyaan. Biasanya berjumlah sekitar dua hingga tiga pertanyaan spesifik sesuai dengan judul penelitian. Contoh:

  1. Strategi apa yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris dalam mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMA?
  2. Apa hambatan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMA?

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian dirancang dari pertanyaan penelitian. Berdasarkan pertanyaan penelitian di atas, tujuan penelitian mungkin akan berbunyi:

Penelitian ini bertujuan untuk:
1. menginvestigasi strategi mengajar yang digunakan oleh para guru bahasa Inggris dalam mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMA.
2. menginvestigasi hambatan yang dihadapi oleh para guru bahasa Inggris dalam mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMA.

Manfaat penelitian

Manfaat penelitian merupakan penjabaran mengenai manfaat atau kontribusi penelitian terhadap area penelitian (teoritis) dan pihak-pihak lain (profesional dll). Bisa dibuat dalam bentuk poin atau paragraf. Contoh penulisan manfaat penulisan.

Penelitian ini membantu meningkatkan perawatan fisioterapi yang diberikan kepada pasien patah pergelangan selama masa penyembuhan. Hasil penelitian akan bermanfaat secara langsung terhadap para pasien patah pergelangan tangan dalam mengembalikan kesehatan dan kekuatan ototnya.

penggalan contoh manfaat penelitian dari https://www.discoverphds.com/

Definisi istilah (opsi)

Bagian ini ditulis untuk menjelaskan istilah-istilah dalam proposal agar terhindar dari ambiguitas, kebingungan, dan kesalahpahaman antara penulis dengan pembaca. Terkadang suatu kata memiliki makna berbeda dalam bahasan suatu area tertentu.

Organisasi penulisan

Bagian ini menjabarkan secara singkat setiap bagian-bagian yang ada dalam proposal. Contoh:

Baca juga:  Perbedaan Jurusan Sastra dan Pendidikan Bahasa

Makalah ini terdiri atas tiga bab. Bab 1 adalah pendahuluan berisi mengenai ..,…,… Bab 2, kajian pustaka, berisi penjelasan mengenai …. Bab 3 merupakan metodologi penelitian yang berkaitan dengan… .

BAB II proposal penelitian

Bab II merupakan kajian pustaka atau kerangka teori. Berisi mengenai teori yang mendasari isu atau masalah penelitian. Bisa dimulai dengan memberikan definisi suatu istilah atau fenomena. Selanjutnya menjelaskan aspek-aspek yang akan berkaitan dengan proses analisis data nanti. Silakan lihat kembali pertanyaan penelitian atau judul untuk menentukan poin-poin yang harus dibahas.

Contohnya, apabila pertanyaan penelitian berupa “Strategi apa yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris dalam mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMA?”, maka kira-kira poin-poin yang perlu dijabarkan adalah sebagai berikut:

  1. Pengertian pendidikan karakter
  2. Karakterisitik/ciri-ciri pengajaran yang terintegrasi dengan pendidikan karakter
  3. nilai-nilai moral dalam pendidikan karakter
  4. macam-macam strategi dalam mempromosikan pendidikan karakter dalam pelajaran bahasa Inggris
  5. poin terakhir menuliskan penelitian-penelitian sebelumnya mengenai isu ini dan menyatakan kembali gap penelitian

Kajian pustakan dalam proposal penelitian mungkin tidak akan secara lengkap membahas semua aspek yang diperlukan karena sifat kajian pustaka akan terus berkembang seiring berjalannya proses penelitian nanti. Usahakan fokus pada teori dasar terlebih dahulu yang akan digunakan sebagai landasan penelitian nanti.

BAB III proposal penelitian

Bab III merupakan metodologi penelitian yang secara umum menjawab “bagaimana cara meneliti ini?”. Poin-poin yang perlu dijelaskan adalah:

  1. Desain penelitian
  2. Pengumpulan data: partisipan dan instrumen (cara mengambil data)
  3. Analisis data: cara mengumpulkan data
  4. Prosedur penelitian: langkah-langkah atau aktivitas yang akan dilakukan, mulai dari persiapan penelitian hingga penulisan laporan penelitian
  5. Rencana penelitian: perkiraan waktu dan durasi untuk melakukan aktivitas-aktivitas dalam prosedur penelitian tadi. Misal Januari menyiapkan instrumen, Februari menghubungi partisipan, Maret-April mulai observasi, Maret minggu keempat mulai wawancara dll.

Daftar Pustaka

Merupakan daftar rujukan yang dipakai dalam penulisan. Banyaknya rujukan dalam proposal penelitian bergantung pada kebijakan atau aturan kampus.

Lampiran

Bukti atau dokumen tambahan dalam penulisan, misal hasil dokumentasi penelitian awal, instrumen penelitian, surat izin meneliti, surat kesediaan dari partisipan dll.

Sekian elemen-elemen penting dalam proposal penelitian kualitatif. Selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademik dan aturan penulisan kampus dalam menyesuaikan format dan konten tulisan.

Share :

Baca Juga

tes seleksi tni

Dinas

Pengalaman Tes Seleksi TNI AD Bintara
s2 hukum unpad

Kuliah

Informasi S2 Hukum UNPAD
daftar perguruan tinggi di Garut

Kuliah

Daftar Perguruan Tinggi di Garut
materi twk cpns

Berita

Rangkuman Materi TWK CPNS
universitas garut

Kuliah

Universitas Garut (UNIGA): Jurusan dan Prodi
tempat bimbel di Garut

Berita

Daftar Tempat Bimbel di Garut
akper bidara mukti garut

Kuliah

Akper Bidara Mukti Garut: Keunggulan
pppk dan pns

Berita

Apa Perbedaan PPPK dan PNS?